Jumat, 06 Maret 2015

5 Tips Sehat Saat Penelitian di Laboratorium Kimia

Seharian di laboratorium untuk melakukan penelitian pasti melelahkan dan yang pasti suatu saat akan tercapai suatu titik dimana kejenuhan melanda. Kondisi fisik tiap orang tiap harinya juga tidak selalu dalam kondisi yang fit apalagi ditambah dengan kondisi lingkungan di laboratorium kimia yang sarat dengan bahan-bahan kimia yang berbahaya dan beracun. Hal-hal tersebut yang membuat mahasiswa yang sedang penelitian tiba-tiba ngedrop dan jatuh sakit. Berikut adalah tips sehat saat penelitian di laboratorium kimia

1. Menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) Laboratorium
Yang dimaksud Alat Pelindung Diri (APD) pada saat melakukan penelitian di laboratorium yaitu seperangkat alat yang wajib digunakan untuk melindungi semua bagian tubuh agar tidak kontak langsung dengan bahan-bahan kimia saat sedang bekerja di laboratorium. Alat pelindung diri laboratorium antara lain jas laboratorium, kacamata pengaman, masker, sarung tangan, dan sepatu tertutup.

2. Minum susu
Susu sangatlah penting dikonsumsi setelah anda bekerja di laboratorium. Susu akan melarutkan zat-zat beracun yang telah terhirup oleh tubuh dan akan dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk urin. Sebaiknya minumlah susu putih yang hangat. Satu gelas susu setelah pulang dari laboratorium dan 1 gelas sebelum tidur.

3. Jangan bekerja sendirian di laboratorium


Tidak ada komentar:

Posting Komentar